Pengertian Manajemen Kredit – Pengertian…

Bagian dari administrasi keuangan adalah manajemen kredit. Istilah manajemen kredit telah datang dari Amerika Serikat, di mana manajemen kredit telah dilihat sebagai bagian penting dari bisnis selama bertahun-tahun.

Tujuan dari manajemen kredit adalah untuk membatasi dan mengelola risiko kredit dan untuk mengoptimalkan modal kerja sambil menangani data pelanggan secara bertanggung jawab dan menjaga atau meningkatkan kepuasan pelanggan.

Apa tugas manajer kredit?

Tugas utama seorang manajer kredit meliputi:

  • Mengelola dompet debitur
  • Memastikan pengumpulan faktur terutang dengan cepat
  • Penerimaan pelanggan dan memeriksa kelayakan kredit pelanggan baru dan lama
  • Menentukan persyaratan pembayaran yang sesuai
  • Mengirim dan melacak faktur
  • Membayar klaim terutang kepada agen penagihan utang

Apa perbedaan antara manajer kredit dan manajemen debitur?

Untuk mengetahui perbedaan antara keduanya, penting untuk melihat dulu deskripsi keduanya.

  • Manajemen debitur
    Debitur adalah orang-orang kepada siapa faktur harus dikirim, mereka membayar Anda.
  • administrasi kredit
    Kreditur adalah pemasok yang mengirimkan faktur kepada Anda, Anda membayarnya.

Awalnya, manajemen debitur terutama berfokus pada penagihan layanan atau produk yang dikirimkan secara kredit. Selalu ada risiko bahwa faktur tidak dibayar tepat waktu. Misalnya, karena pelanggan tidak dapat memenuhi kewajiban pembayarannya. Untuk membatasi risiko debitur ini sebanyak mungkin, manajemen kredit telah diberikan interpretasi yang lebih luas.

Apa itu manajemen debitur?

Pengelolaan debitur dilakukan agar debitur membayar tagihan yang terutang dalam jangka waktu yang ditentukan. Mereka menyusun pengingat pembayaran, menelepon pelanggan yang memiliki tagihan terutang, dan mengirim pengingat.

Oleh karena itu mereka memastikan bahwa Anda menerima uang Anda tepat waktu. Banyak perusahaan besar bekerja dengan manajemen kredit, sementara perusahaan kecil memiliki manajemen kredit atau bahkan melakukannya sendiri.

Secara umum, ada banyak perbandingan antara keduanya dan banyak orang mengatakan bahwa tidak ada perbedaan di antara keduanya.

Manajemen kredit melakukan lebih banyak

Debitur khawatir bahwa Anda mendapatkan uang Anda tepat waktu, tetapi manajer kredit memastikan bahwa pelanggan yang Anda terima juga adalah pelanggan yang baik.



Leave a Reply

Your email address will not be published.