Arti Sirkuit – Arti …

Betekenis van elektrotechniek

Sirkuit adalah kumpulan kabel, baterai, peralatan, dan sakelar. Listrik harus dapat berpindah dari satu sisi ke sisi lain agar perangkat yang terhubung ke sirkuit dapat bekerja. Di sinilah kata “sirkuit” mengambil namanya.

Pengoperasian sirkuit penting untuk penggunaan listrik yang aman. Tukang listrik atau perusahaan instalasi listrik bisa mengurus ini.

Bagaimana cara kerja sirkuit?

Semua bentuk energi terdiri dari partikel-partikel kecil yang tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang. Partikel-partikel ini melewati sirkuit listrik. Jika partikel-partikel ini bergerak melalui mesin yang membutuhkan listrik, maka dapat berfungsi seperti yang dirancang, misalnya, lampu hanya menyala ketika listrik mengalir melalui lampu. Jika sirkuit bebas dari gangguan, itu berfungsi. Siklus tertutup adalah siklus di mana partikel listrik terus bergerak. Ini dapat dibandingkan dengan trek marmer melingkar. Jika kelereng terakhir di lintasan bergerak maju, kelereng di belakangnya juga terdorong ke depan.

Sebuah sirkuit ditampilkan di sini. Simbol baterai dengan tanda plus dan minus ada di tengah, sedangkan garis hitam adalah kabel atau kabel, dan lampu dengan tanda silang di tengahnya.

Sumber listrik

Listrik masuk dan keluar dari sumber listrik. Baterai, misalnya, adalah sumber energi yang menghasilkan listrik melalui generator internal. Dinamo lampu sepeda atau pembangkit listrik yang mensuplai listrik ke soket kita adalah contoh sumber listrik. Sumber listrik memiliki dua koneksi: plus dan minus.

Kabel dan kabel

Tentu saja, listrik tidak bisa begitu saja melewati udara. Ini membutuhkan bahan khusus. Hal ini disebabkan fakta bahwa elektron dalam partikel listrik tidak dapat mengalir dengan baik melalui setiap zat. Tembaga adalah contoh yang sangat baik dari bahan yang partikel listrik dapat dengan mudah melewatinya. Konduktor adalah zat yang memungkinkan listrik mengalir dengan bebas.

Sirkuit dapat dibentuk dengan menghubungkan konduktor, seperti kawat tembaga, ke ujung plus dan minus baterai. Ketika listrik dilewatkan ke kawat tembaga melalui ujung plus baterai dan ujung minus, arus akan mengalir melaluinya, menciptakan sirkuit tertutup yang berfungsi.

Perangkat

Hanya menghantarkan listrik dari plus ke minus tidak terlalu berguna. Kami membutuhkan listrik untuk menyalakan elektronik kami, sehingga kami dapat menggunakannya. Ini dapat dilakukan dalam beberapa detik. Jika Anda menghubungkan kabel tembaga dari sisi positif baterai ke bola lampu dan kabel tembaga lain ke terminal negatif bola lampu, arus listrik masih dapat mengalir melaluinya. Dalam hal ini, bola lampu menyala karena listrik yang mengalir melalui kabel di dalam bola lampu membuat kawat ini bersinar. Bahkan berlaku untuk gadget lain seperti televisi, radio, komputer, dll. Ketika perangkat ini dihidupkan, listrik mengalir melalui bagian-bagian yang berbeda dan mereka mulai bekerja.

Sakelar

Sakelar digunakan untuk menghindari keharusan membuka tutup lampu dan mencabut kabel televisi dan komputer setiap kali kita tidak ingin menggunakannya. Sakelar adalah elemen rangkaian yang memiliki dua posisi atau lebih. Saklar memastikan bahwa sirkuit tidak lagi tertutup dalam satu posisi, sehingga listrik dapat mengalir lagi dan perangkat yang terhubung ke sirkuit dapat mulai bekerja.

Konduktor dan isolator

Konduktor adalah bahan yang memungkinkan listrik untuk bergerak dengan mudah, seperti tembaga. Tentu saja, ada isolator yang membuat pergerakan listrik menjadi sangat sulit atau bahkan tidak mungkin. Isolator adalah jenis bahan yang menyulitkan arus listrik mengalir.

Logam umumnya merupakan konduktor yang baik. Beberapa logam dapat melewatkan listrik sedikit lebih mudah daripada yang lain, tetapi semuanya melewati arus. Plastik, karet, kayu, dan batu adalah isolator yang sangat baik. Itulah sebabnya kabel-kabel yang melewati colokan selalu ditutup dengan karet atau plastik, sehingga Anda tidak dapat mengalami lonjakan listrik darinya. Jika kabel tembaga di kabel bersentuhan satu sama lain, ada juga korsleting. Listrik mengalir dari satu kabel ke kabel lainnya, yang sangat berbahaya. Akibatnya, kabel tembaga menjadi sangat panas, dan bahkan bisa terbakar. Jika kabel pada steker tidak ditutup dengan isolator seperti karet, Anda akan langsung tersengat listrik saat menyentuh steker. Untuk memungkinkan kita menggunakan listrik dengan aman, kita menggunakan konduktor dan isolator untuk membawa listrik dengan aman dari satu tempat ke tempat lain.

Contoh konduktor

  • Tembaga
  • Besi
  • Aluminium
  • Staal
  • Perak
  • cerita
  • Seng
  • Grafit

Contoh isolator

  • Karet
  • Plastik
  • Kayu
  • steen
  • keramik
  • Langit

Jenis Sirkuit

Satu lampu dihubungkan secara rantai ke dua lampu lainnya. Jika salah satu lampu mati, begitu juga yang lain. Karena Anda tidak ingin semua gadget yang ditautkan hidup atau mati secara bersamaan, ada dua jenis rangkaian yang berbeda: seri dan paralel.

Serichakeling

Rangkaian yang paling sederhana adalah rangkaian seri. Listrik mengalir melalui saluran tunggal yang menghubungkan semua peralatan. Pikirkan bagaimana lampu Natal dapat dibuat hanya dengan satu kawat. Ini adalah contoh yang sangat baik dari rangkaian seri. Dalam rangkaian seri, semua bola lampu berada dalam satu jalur. Jika Anda melepaskan bola lampu dalam rangkaian seri, listrik tidak dapat terus mengalir melalui sisa bola lampu. Ini berarti bahwa jika Anda melepaskan satu bola lampu dari rangkaian seri, tidak ada yang akan berfungsi.

Rangkaian seri digunakan untuk menghubungkan perangkat sederhana bersama-sama. Ambil contoh mobil mainan. Sebuah kendaraan polisi dengan lampu berkedip dan sirene di atasnya. Balikkan sakelar pada mainan ini dan lampu yang berkilauan akan menyala dan sirene akan mulai meraung. Jika salah satu lampu kedip mobil padam, ada dua pilihan. Jika sirene juga berhenti berbunyi, dan mobil menjadi tidak beroperasi, maka Anda berurusan dengan sambungan seri Klakson mobil atau sirene lain akan terus berbunyi, meskipun lampu kedip tidak lagi menyala. Dalam skenario terakhir ini, tidak ada rangkaian ganda yang digunakan, meskipun dimungkinkan dengan rangkaian jenis lain, misalnya rangkaian paralel.

Parallelschakeling

Rangkaian paralel dengan dua lampu. Jika salah satu lampu dimatikan, arus dapat mengalir melalui lampu lainnya dengan rute yang berliku-liku, sehingga dapat tetap menyala.

Menggunakan rangkaian seri untuk rangkaian yang menghubungkan televisi dan radio Anda tidak nyaman. Ini berarti bahwa untuk menyelesaikan rangkaian, Anda harus menyalakan radio terlebih dahulu sebelum menyalakan televisi. Untungnya, ada solusi untuk teka-teki ini: koneksi paralel.

Dalam rangkaian paralel, ada beberapa jalan memutar di kabel untuk memungkinkan aliran listrik bersirkulasi melalui rute lain ketika gadget dimatikan atau diputus. Sebuah contoh yang baik dari ini adalah sirkuit rumah tangga. Banyak perangkat terhubung ke sirkuit yang mengalir melalui rumah dari kotak meteran. Akan lebih mudah jika Anda dapat menghidupkan atau mematikan perangkat dengan sakelar atau soket di rumah tanpa semua perangkat lain melakukan hal yang sama. Akibatnya, ada sirkuit yang berat di rumah. Setiap perangkat di rumah Anda membutuhkan sirkuit terpisah. Ini memungkinkan Anda untuk menentukan apakah Anda ingin mematikan perangkat atau tidak. Mematikan perangkat akan memutus sirkuit yang terhubung dengannya, tetapi listrik masih dapat mengalir melalui rute alternatif dan perangkat lain dapat digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *