Arti Kolostrum – Arti …

Kolostrum adalah ASI pertama yang diproduksi saat Anda mulai menyusui. Hal ini juga kadang-kadang disebut sebagai emas cair. Ini bukan karena warnanya kuning, tetapi karena susu sangat berharga bagi bayi yang baru lahir. Kolostrum adalah yang ideal makanan bayi.

Kolostrum disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bayi Anda. Misalnya, komposisi kolostrum lebih kental dan lebih kuning dari susu matur. Susu kaya akan protein dan nutrisi. Selain itu, ia memiliki kandungan lemak yang rendah, mudah dicerna dan mengandung banyak bahan yang memastikan perkembangan bayi Anda. Yang terpenting, kolostrum berperan penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Sedikit kolostrum sudah cukup untuk bayi Anda.

Kolostrum selama kehamilan

Selama kehamilan Anda, payudara Anda sudah dilengkapi dengan jaringan kelenjar ekstra untuk menghasilkan makanan untuk bayi Anda nanti. Setelah sekitar 4,5 bulan kehamilan Anda, payudara Anda bisa mulai dengan kolostrum, ASI pertama. Ini dapat menyebabkan ASI bocor dari payudara Anda. Namun, dalam kebanyakan kasus, ini hanya terjadi pada akhir kehamilan.

Fungsi kolostrum

Kolostrum memiliki banyak manfaat untuk ditawarkan kepada bayi Anda. Ini adalah makanan bayi yang sempurna. Kolostrum mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda. Pada bayi baru lahir, saluran cerna seringkali belum tumbuh sempurna dan lambung masih kecil. ASI pertama mengandung semua nutrisi, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan bayi Anda. Kolostrum juga mengandung antibodi yang melindungi bayi Anda dari infeksi. Ini juga perlu, karena pada bayi baru lahir sistem kekebalannya belum berkembang sempurna.

Kotoran pertama bayi Anda mungkin keras. Hal ini tentu tidak menyenangkan. Kolostrum memiliki efek pencahar dan memudahkan bayi Anda buang air besar. Selain itu, efek pencahar memastikan bahwa hati membuang limbah lebih mudah.

Pada bayi yang baru lahir, tidak semua indera dan organ berkembang sepenuhnya. Kolostrum mengandung berbagai faktor pertumbuhan dan enzim yang dapat merangsang perkembangan organ dan indera.

Dari kolostrum ke ASI

Anda hanya memiliki kolostrum selama beberapa hari. Setelah 2 hingga 4 hari Anda akan secara bertahap memproduksi ASI (matang). Komposisi dan kuantitas ASI menyesuaikan dengan kebutuhan bayi Anda.



Leave a Reply

Your email address will not be published.