Arti Henti Jantung – Arti…

Apa itu henti jantung?

Henti jantung terjadi secara tiba-tiba dan seringkali tanpa peringatan. Hal ini disebabkan oleh kerusakan listrik di jantung yang menyebabkan detak jantung tidak teratur (aritmia). Jantung tidak berhenti sepenuhnya, tetapi memompa terlalu tidak teratur untuk bekerja dengan baik. Karena kerja pemompaan terganggu, jantung tidak bisa lagi memompa darah ke otak, paru-paru dan organ lainnya. Beberapa detik kemudian, seseorang kehilangan kesadaran dan tidak memiliki denyut nadi. Kematian terjadi dalam beberapa menit jika korban tidak diobati.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi henti jantung?

Henti jantung bersifat reversibel pada sebagian besar korban jika ditangani dalam beberapa menit. Panggilan pertama 112 untuk bantuan medis mendesak. Kemudian dapatkan defibrillator eksternal otomatis (AED) jika tersedia dan gunakan saat tiba. Mulailah CPR segera dan lanjutkan sampai petugas tanggap darurat tiba. Jika ada dua orang yang tersedia untuk membantu, yang satu harus segera memulai CPR sementara yang lain menelepon 911 dan menemukan AED.

Tip: Anda dapat menggunakan beli AED dari sewa untuk perusahaan atau organisasi Anda. Dengan cara ini Anda tahu pasti bahwa orang-orang di dalam organisasi atau lingkungan Anda sedikit lebih aman.

Penyebab utama kematian

Serangan jantung mendadak adalah penyebab utama kematian – setiap tahun di Belanda ada 5.300 kematian akibat gagal jantung atau henti jantung. Setiap hari, 42 orang mengalami serangan jantung di luar rumah sakit. Dengan mengajarkan lebih banyak orang pertolongan pertama dan pijat jantung, jumlah kematian dapat dikurangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *